LINDRA (2022) PENINGKATAN PEMAHAMAN ANAK DIDIK TERHADAP KONSEP BILANGAN MELALUI PENGGUNAAN KARTU GAMBAR DI TAMAN KANAK-KANAK KRISTEN PELITA KASIH MAKASSAR.
Text
sampul.docx Download (52kB) |
|
Text
1.docx Download (62kB) |
|
Text
Copy (2) of Lampiran 2 skripsi.docx Download (29kB) |
|
Text
Kegiatan awal.docx Download (18kB) |
|
Text
Siklus I.docx Download (68kB) |
|
Text
Siklus II.docx Download (69kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (45kB) |
Abstract
Lindra 2012 Peningkatan Pemahaman Anak Didik Terhadap Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Kartu Gambar di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si dan Arifin Manggau, S.Pd., M.Pd . Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya pemahaman anak mengenal konsep bilangan di TK Kristen Pelita Kasih Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penggunaan kartu gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar?, 2) apakah penggunaan kartu gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bilangan melalui penggunaan kartu gambar pada anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah 1) Penggunaan kartu gambar sebagai media, dan 2) Pemahaman konsep bilangan. Subjek penelitian adalah guru dan anak di kelompok A TK kristen Pelita kasih. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas mengajar guru dan belajar anak. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus pembelajaran, siklus I kemampuan mengajar guru kategori baik dan kemampuan belajar anak kategori kurang dan pada siklus II kemampuan mengajar guru dan belajar anak kategori baik. Dapat disimpulkan penggunaan kartu gambar dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan pada anak di Taman Kanak-Kanak Kristen Pelita Kasih Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 03:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 03:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25398 |
Actions (login required)
View Item |