USWAH HASANAH (2022) PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKANADVERSITY QUOTIENT SISWA DI SMA NEGERI 8 MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL-1.pdf Download (98kB) |
|
Text
2 HALAMAN SAMPUL..pdf Download (99kB) |
|
Text
4 TTD 3.pdf Download (160kB) |
|
Text
5 TTD 6.pdf Download (178kB) |
|
Text
6 BAB I-IV.pdf Download (651kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
|
Text
LAMPIRAN 1 jadwal pelaksanaan.pdf Download (259kB) |
|
Text
LAMPIRAN 2 Skenario tabel.pdf Download (288kB) |
|
Text
LAMPIRAN 3 RPBK.pdf Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN 4 dan 5 kisi-kisi dan skala SEBELUM uji coba.pdf Download (217kB) |
|
Text
LAMPIRAN 6 kisi-kisi skala SETELAH uji coba.pdf Download (95kB) |
|
Text
LAMPIRAN 7 skala SETELAH uji cobai 43 soal.pdf Download (108kB) |
|
Text
LAMPIRAN 8 Validasi dan Reliabel.pdf Download (168kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (13kB) |
Abstract
USWAH HASANAH. 2018. Penerapan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Adversity Quotient Siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik reframing untuk meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar?, (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik reframing dalam meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar?, (3) Apakah teknik reframing dapat meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran tingkat Adversity Quotient (AQ) siswa sebelum dan setelah pelaksanaan teknik reframing di SMA Negeri 8 Makassar, (2) gambaran pelaksanaan teknik reframing dalam meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar, (3) penerapan teknik reframing dapat meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre�experiment dengan one group pre-test dan post-test design. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sebanyak 9 siswa yang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan statistik non parametric dengan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik reframing berada pada kategori “rendah” dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik reframing berada pada kategori “tinggi”. (2) Pelaksanaan teknik reframing dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas 6 tahap yaitu rasionalisasi, identifikasi persepsi dan perasaan konseli dalam situasi masalah, mengenang kembali secara sengaja persepsi yang menimbulkan masalah, identifikasi persepsi alternatif, Modifikasi persepsi dalam situasi masalah dan memberikan tugas rumah dan tindak lanjut. (3) Teknik reframing secara signifikan dapat meningkatakan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 01:38 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 01:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25137 |
Actions (login required)
View Item |