PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKANADVERSITY QUOTIENT SISWA DI SMA NEGERI 8 MAKASSAR

USWAH HASANAH (2022) PENERAPAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKANADVERSITY QUOTIENT SISWA DI SMA NEGERI 8 MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL-1.pdf

Download (98kB)
[img] Text
2 HALAMAN SAMPUL..pdf

Download (99kB)
[img] Text
4 TTD 3.pdf

Download (160kB)
[img] Text
5 TTD 6.pdf

Download (178kB)
[img] Text
6 BAB I-IV.pdf

Download (651kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 jadwal pelaksanaan.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2 Skenario tabel.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN 3 RPBK.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN 4 dan 5 kisi-kisi dan skala SEBELUM uji coba.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6 kisi-kisi skala SETELAH uji coba.pdf

Download (95kB)
[img] Text
LAMPIRAN 7 skala SETELAH uji cobai 43 soal.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN 8 Validasi dan Reliabel.pdf

Download (168kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (13kB)

Abstract

USWAH HASANAH. 2018. Penerapan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Adversity Quotient Siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Dr. H. Abdullah Sinring, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan teknik reframing untuk meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah gambaran Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar?, (2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik reframing dalam meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar?, (3) Apakah teknik reframing dapat meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran tingkat Adversity Quotient (AQ) siswa sebelum dan setelah pelaksanaan teknik reframing di SMA Negeri 8 Makassar, (2) gambaran pelaksanaan teknik reframing dalam meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar, (3) penerapan teknik reframing dapat meningkatkan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre�experiment dengan one group pre-test dan post-test design. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sebanyak 9 siswa yang menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa skala dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan statistik non parametric dengan Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar sebelum diberikan perlakuan berupa teknik reframing berada pada kategori “rendah” dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik reframing berada pada kategori “tinggi”. (2) Pelaksanaan teknik reframing dilakukan dalam konseling kelompok yang terdiri atas 6 tahap yaitu rasionalisasi, identifikasi persepsi dan perasaan konseli dalam situasi masalah, mengenang kembali secara sengaja persepsi yang menimbulkan masalah, identifikasi persepsi alternatif, Modifikasi persepsi dalam situasi masalah dan memberikan tugas rumah dan tindak lanjut. (3) Teknik reframing secara signifikan dapat meningkatakan Adversity Quotient (AQ) siswa di SMA Negeri 8 Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 31 Oct 2022 01:38
Last Modified: 31 Oct 2022 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25137

Actions (login required)

View Item View Item