ANALISIS STRES BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SD IT INSAN MADANI KOTA PALOPO

TAUFIK NUR HIDAYAT (2022) ANALISIS STRES BELAJAR SISWA DALAM PENERAPAN FULL DAY SCHOOL DI SD IT INSAN MADANI KOTA PALOPO.

[img] Text
sampul.docx

Download (33kB)
[img] Text
halaman sampul.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
lampiran pedoman wawancara.docx

Download (38kB)
[img] Text
hasil wawancara.docx

Download (36kB)
[img] Text
FOTO2.docx

Download (1MB)
[img] Text
daftar riwayat hidup.docx

Download (31kB)

Abstract

Taufik Nur Hidayat, 2018. Skripsi. Analisis Siswa Yang Mengalami Stres Belajar Dalam Penerapan Full Day School Di Sd IT Insan Madani Kota Palopo. Dibimbing oleh Drs. Muhammad Anas, M.Si dan Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengalami stres belajar dalam Penerapan full day school di sd IT Insan Madani Kota Palopo. kajian utama penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran penerapan full day school di SD IT Insan Madani Kota Palopo. (2) gambaran siswa yang mengalami stres dalam penerapan full day school di SD IT Insan Madani Kota Palopo. (3) Upaya yang dapat dilakukan untuk menangani perilaku belajar siswa yang mengalami stres dalam penerapan full day school di SD IT Insan Madani Kota Palopo. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data deskriptif dengan jumlah kasus 2 orang. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) gambaran full day school di SD IT Insan Madani Kota Palopo yakni merujuk pada JSIT Indonesia (jaringan sekolah islam terpadu Indonesia) dengan masuk pada pukul 7.15 dan pulang pada pukul 15.30 serta memiliki pelajaran tambahan seperti pembiasaan adab-adab islam, tahsin Qur’an (wafa), hadist, dan tahfidzul Qur’an. (2) Gambaran stres belajar siswa di SD IT Insan Madani Kota Palopo yakni mengalami stres belajar yang di tandai dengan 4 indikator gejala stres belajar yang mereka rasakan dan lakukan, yakni gangguan fisik (sakit kepala, pusing, tegang leher), gangguan psikologis (cemas, takut, rasa percaya diri rendah), gangguan kognitif (daya ingat menurun, kurang fokus, tidak konsentrasi), dan gangguan perilaku (menggangu teman, keluar masuk kelas, merobek-robek buku tulis). (3) upaya-upaya yang dapat dilakukan setelah menganalisis penelitian ini merekomendasikan 3 teknik yaitu teknik Stres inoculatiom training, teknik relaksasi, dan Teknik manejemen waktu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 05:46
Last Modified: 28 Oct 2022 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item