PENGARUH TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO

AYU NOVIANA A. NUR (2022) PENGARUH TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL LENGKAP 200722.doc

Download (175kB)
[img] Text
2. PERSETUJUAN_PEMBIMBING_skripsi[1].docx

Download (106kB)
[img] Text
1. Pengesahan Ujian Skripsi TTD 6.doc

Download (79kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (38kB)
[img] Text
2. DAFTAR PUSTAKA ku.docx

Download (22kB)
[img] Text
04. Pedoman Observasi.docx

Download (26kB)
[img] Text
05. Kisi dan Skala Sebelum.docx

Download (20kB)
[img] Spreadsheet
06. Skor Uji Coba.xlsx

Download (16kB)
[img] Text
07. Uji Reliabilitas dan Validitas.docx

Download (23kB)
[img] Text
08. Kisi dan Skala Setelah.docx

Download (19kB)
[img] Text
16. Dokumentasi.docx

Download (19MB)
[img] Text
16. Dokumentasi.docx

Download (19MB)
[img] Text
16. Dokumentasi.docx

Download (19MB)

Abstract

Ayu Noviana A. Nur, 2018. Skripsi . Pengaruh Teknik Self talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M. Si. Kons dan Dr H. Abdullah Pandang, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto yang diidentifikasikan oleh perilaku, cemas, gugup, sensitif terhadap kritikan dari orang lain dan cenderung menutup diri. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea? 2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea? 3) Apakah teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri di SMP Negeri 2 Tamalatea Jeneponto ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. 2) Gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. 3) Pengaruh teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 25 orang siswa dan sampel penelitian sebesar 10 orang siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kepercayaan diri siswa dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik self talk terdiri dari 4 tahap yaitu : Rational Treatmen, penerapan metode countering, penyadaran terhadap self talk negatif , mengubah self talk negatif menjadi positif dan evaluasi. Pada setiap tahapan kegiatan self talk tingkat partisipasi siswa yang berada pada kategori tinggi. 3) Teknik self talk mempengaruhi secara signifikan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 28 Oct 2022 02:36
Last Modified: 28 Oct 2022 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25102

Actions (login required)

View Item View Item