AYU NOVIANA A. NUR (2022) PENGARUH TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 2 TAMALATEA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
SAMPUL LENGKAP 200722.doc Download (175kB) |
|
Text
2. PERSETUJUAN_PEMBIMBING_skripsi[1].docx Download (106kB) |
|
Text
1. Pengesahan Ujian Skripsi TTD 6.doc Download (79kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (26kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (62kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
|
Text
2. DAFTAR PUSTAKA ku.docx Download (22kB) |
|
Text
04. Pedoman Observasi.docx Download (26kB) |
|
Text
05. Kisi dan Skala Sebelum.docx Download (20kB) |
|
Spreadsheet
06. Skor Uji Coba.xlsx Download (16kB) |
|
Text
07. Uji Reliabilitas dan Validitas.docx Download (23kB) |
|
Text
08. Kisi dan Skala Setelah.docx Download (19kB) |
|
Text
16. Dokumentasi.docx Download (19MB) |
|
Text
16. Dokumentasi.docx Download (19MB) |
|
Text
16. Dokumentasi.docx Download (19MB) |
Abstract
Ayu Noviana A. Nur, 2018. Skripsi . Pengaruh Teknik Self talk untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M. Si. Kons dan Dr H. Abdullah Pandang, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto yang diidentifikasikan oleh perilaku, cemas, gugup, sensitif terhadap kritikan dari orang lain dan cenderung menutup diri. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea? 2) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea? 3) Apakah teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri di SMP Negeri 2 Tamalatea Jeneponto ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. 2) Gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. 3) Pengaruh teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model Pre-Eksperimental. Desain Eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 25 orang siswa dan sampel penelitian sebesar 10 orang siswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala kepercayaan diri siswa dan pedoman observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik, yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea berada pada kategori rendah. 2) Pelaksanaan teknik self talk terdiri dari 4 tahap yaitu : Rational Treatmen, penerapan metode countering, penyadaran terhadap self talk negatif , mengubah self talk negatif menjadi positif dan evaluasi. Pada setiap tahapan kegiatan self talk tingkat partisipasi siswa yang berada pada kategori tinggi. 3) Teknik self talk mempengaruhi secara signifikan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 2 Tamalatea Kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 02:36 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 02:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/25102 |
Actions (login required)
View Item |