PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN BELAJAR UNTUKMENINGKATKAN CARA BELAJAR EFEKTIF SISWA DI SMP NEGERI 42 BULUKUMBA

ANDI NURFAIZAH AP (2022) PENGEMBANGAN MODUL BIMBINGAN BELAJAR UNTUKMENINGKATKAN CARA BELAJAR EFEKTIF SISWA DI SMP NEGERI 42 BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL SKRIP.docx

Download (49kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (20kB)
[img] Text
MOTTO.docx

Download (17kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (32kB)
[img] Text
PRAKATA.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.Ichadocx.docx

Download (17kB)
[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (107kB)
[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (12kB)
[img] Text
DATA REVISI MODUL BIMBINGAN BELAJAR UNTUK.docx

Download (41kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (926kB)
[img] Text
012 RIWAYAT HIDUP.docx

Download (52kB)

Abstract

ANDI NURFAIZAH AP, 2016. Pengembangan Modul Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Cara Belajar Efektif Siswa di SMP Negeri 42 Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Abdul Saman, M.Si, Kons dan Drs. H. Muhammad Anas, M.Si. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah belum efektifnya bimbingan belajar yang diberikan oleh guru BK terhadap siswa SMP Negeri 42 Bulukumba sehingga menyebabkan banyak masalah belajar yang dialami siswa sehingga berpengaruh terhadap nilai dan prestasi siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yaitu pengembangan modul bimbingan belajar untuk meningkatkan cara belajar efektif siswa di SMP Negeri 42 Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu modul bimbingan belajar agar berjalan dengan efektif. Model penelitian pengembangan yaitu model pengembangan yang dimodifikasi oleh peneliti. Subyek penelitian ini terbagi atas subyek ahli, yaitu ahli materi dan guru pembimbing di SMP Negeri 42 Bulukumba, serta subyek uji coba yaitu guru BK SMP Negeri 42 Bulukumba. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survey melalui wawancara, uji kelayakan, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi terhadap data kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase terhadap data kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan diselesaikan dengan dua kali tahap uji, yaitu uji ahli (validasi ahli) dan uji kelompok kecil, serta satu kali tahap revisi, meliputi: revisi berdasarkan uji ahli, dan revisi berdasarkan uji kelompok kecil. Revisi dilakukan meliputi beberapa aspek yaitu aspek isi materi, kesesuaian, dan kebermanfaatan modul bimbingan belajar untuk siswa. Berdasarkan uji kelayakan oleh uji ahli yaitu Prof. Dr. H. Alimuddin Mahmud, M.Pd dan Amrullah, S.Pd. modul bimbingan belajar mendapat skala penelitian yang berada dalam kategori sangat layak dan berdasarkan uji kelompok kecil, modul bimbingan belajar pada uji keberterimaan berada pada kategori sangat tinggi produk dinyatakan dapat digunakan dan dilaksanakan. Dengan demikian modul bimbingan belajar yang dikembangkan dikatakan layak, diterima, dapat digunakan dan diberikan kepada siswa di SMP Negeri 42 Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:37
Last Modified: 12 Sep 2022 07:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24680

Actions (login required)

View Item View Item