HARDIYANTI SUHARDI (2022) PENGARUH TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SMAN 3 MAKASSAR.
Text
Sampul depan.doc Download (74kB) |
|
Text
2. Persetujuan pembimbing.docx Download (16kB) |
|
Text
3. Keaslian Skripsi.doc Download (107kB) |
|
Text
BAB I.doc Download (46kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (145kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (729kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.doc Download (32kB) |
|
Text
lamp. 12 observasi....docx Download (55kB) |
|
Text
lamp. 12 observasi....docx Download (55kB) |
|
Text
lamp. 13 analisis observasi.docx Download (21kB) |
|
Text
lamp. 14 analisis statistik deskriptif.docx Download (54kB) |
|
Text
lamp. 15 gain skor.docx Download (21kB) |
|
Text
lamp. 16 uji wilcoxon.docx Download (19kB) |
|
Text
Lampiran 17 dokumentasi.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP rini.docx Download (47kB) |
Abstract
Hardiyanti Suhardi, 2016. Pengaruh Teknik Self Management dalam Bimbingan Kelompok terhadap kedisiplinan Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Sulaiman Samad, M.Si. dan Dr. H. Kulasse Kanto, M.Pd Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Pengaruh teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan siswa di SMA Negeri 3 Makassar. Permasalahan pokok yang dikaji yaitu (1). Bagaimana pelaksanaan teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 3 Makassar (2). Bagaimana tingkat kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok sebelum dan sesudah diberikan teknik self management pada siwa SMA Negeri 3 Makassar.(3). Apakah ada pengaruh teknik self management terhadap peningkatan kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok pada siswa SMA Negeri 3 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui pelaksanaan teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa SMA Negeri 3 Makassar.(2). Untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok sebelum dan setelah penerapan teknik self management.(3). Untuk mengetahui pengaruh teknik self management terhadap peningkatan kedisiplinan belajar siswa dalam bimbingan kelompok pada SMA Negeri 3 Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain Pre-Experiment design. Subyek penelitian ini adalah 20 orang yang merupakan siswa kelas XI yang diambil dari teknik simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non-paramentik yaitu uji Wilcoxon menggunakan SPSS 16,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Pelaksanaan teknik self management dalam bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 3 Makassar dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa siswa aktif mengikuti kegiatan self management dengan baik.2) Terjadi tingkat kedisiplinan belajar siswa di SMA Negeri 3 Makassar sebelum penerapan teknik self management pada kategori sedang, dan setelah diberikan perlakuan teknik self management tingkat kedisiplinan belajar siswa berada pada kategori tinggi. 3) Ada pengaruh yang signifikan dari pemberian teknik self management dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 3Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 02:35 |
Last Modified: | 07 Sep 2022 02:35 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24589 |
Actions (login required)
View Item |