PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK WICARA SISWA DI SMA NEGERI 1 KELARA KABUPATEN JENEPONTO

FEBY WIDYA SYAHRIR (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK WICARA SISWA DI SMA NEGERI 1 KELARA KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (31kB)
[img] Text
PRAKATA.doc

Download (138kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (51kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1-6.docx

Download (52kB)
[img] Spreadsheet
LAMPIRAN 7.xlsx

Download (35kB)
[img] Spreadsheet
LAMPIRAN 8.xlsx

Download (16kB)
[img] Spreadsheet
LAMPIRAN 9 & 11.xlsx

Download (17kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (890kB)

Abstract

FEBY WIDYA SYAHRIR. 2012. Skripsi. Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik jigsaw untuk meningkatkan kemampuan menyimak wicara siswa di SMA negeri 1 kelara kabupaten jeneponto. Dimana dibimbing oleh H. Abdul Salam, dan H. Abdullah Pandang. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik jigsaw untuk meningkatkan kemampuan menyimak wicara siswa di SMA negeri 1 kelara kabupaten jeneponto. Masalah utama penelitian ini adalah: 1. Bagaimana gambaran kemampuan menyimak wicara siswa di SMA negeri 1 kelara kabupaten jeneponto sebelum dan setelah diberi bimbingan kelompok melalui teknik jigsaw? 2. Apakah bimbingan kelompok melalui teknik jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menyimak wicara siswa di SMA negeri 1 kelara kabupaten jeneponto? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Gambaran kemampuan menyimak wicara siswa SMA negeri 1 kelara kabupaten jeneponto sebelum dan setelah diberi bimbingan kelompok melalui teknik jigsaw. 2. Untuk mengetahui apakah dengan menggunakan bimbingan kelompok dengan teknik jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menyimak wicara siswa di SMA Negeri 1 kelara kabupaten jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain komparatif terhadap 30 sampel penelitian, masing-masing 5 sampel untuk eksperimen yang merupakan siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto pada tahun ajaran 2011/2012. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kemampuan menyimak siswa di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto sebelum diberikan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Jigsaw pada umumnya berada pada kategori sangat rendah. Namun demikian siswa yang telah diberi teknik Jigsaw menunjukkan tingkat kemampuan menyimak siswa berada pada kategori tinggi. (2) Tingkat kemampuan menyimak siswa menunjukkan peningkatan signifikan setelah diberikan teknik Jigsaw. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan menyimak wicara siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kelara Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:11
Last Modified: 02 Aug 2022 01:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24137

Actions (login required)

View Item View Item