ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI.IS.3 DI SMA NEGERI 3 SOPPENG KAB. SOPPENG

Andi Hamriani. (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI.IS.3 DI SMA NEGERI 3 SOPPENG KAB. SOPPENG.

[img] Text
i. halaman judul.docx

Download (44kB)
[img] Text
ii. Persetujuan pembimbing.pdf

Download (246kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB III skripsi.pdf

Download (264kB)
[img] Text
DAPUS.1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
penyajian data.docx

Download (39kB)
[img] Text
reduksi data siswa.docx

Download (49kB)
[img] Text
reduksi data wawancara guru.docx

Download (36kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

Andi Hamriani. 2018. Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI.IS.3 SMA Negeri 3 Soppeng. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si dan Dr. Abd. Haling, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini memiliki batasan masalah: (1) Gambaran pengetahuan guru tentang penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah kelas XI.IS.3 SMA Negeri 3 Soppeng. (2) Pelaksanaan penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah kelas XI.IS.3 SMA Negeri 3 Soppeng . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 3 Soppeng Kab. Soppeng. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah kelas XI.IS.3, dan siswa kelas XI.IS.3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru mengetahui tentang penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah, (2) guru melaksanakan penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah yang mencakup penilaian kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan penilaian jurnal.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:24
Last Modified: 20 Jul 2022 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23952

Actions (login required)

View Item View Item