Andi Hamriani. (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI.IS.3 DI SMA NEGERI 3 SOPPENG KAB. SOPPENG.
Text
i. halaman judul.docx Download (44kB) |
|
Text
ii. Persetujuan pembimbing.pdf Download (246kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (330kB) |
|
Text
BAB III skripsi.pdf Download (264kB) |
|
Text
DAPUS.1.pdf Download (151kB) |
|
Text
penyajian data.docx Download (39kB) |
|
Text
reduksi data siswa.docx Download (49kB) |
|
Text
reduksi data wawancara guru.docx Download (36kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (47kB) |
Abstract
Andi Hamriani. 2018. Analisis Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI.IS.3 SMA Negeri 3 Soppeng. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Arnidah, S.Pd, M.Si dan Dr. Abd. Haling, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini memiliki batasan masalah: (1) Gambaran pengetahuan guru tentang penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah kelas XI.IS.3 SMA Negeri 3 Soppeng. (2) Pelaksanaan penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah kelas XI.IS.3 SMA Negeri 3 Soppeng . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 3 Soppeng Kab. Soppeng. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah kelas XI.IS.3, dan siswa kelas XI.IS.3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru mengetahui tentang penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah, (2) guru melaksanakan penilaian autentik dalam mata pelajaran sejarah yang mencakup penilaian kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja, penilaian projek, penilaian produk, dan penilaian portofolio. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan penilaian jurnal.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:24 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 03:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23952 |
Actions (login required)
View Item |