PENGARUH PENERAPAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PAPALANGKABUPATEN MAMUJU

SRI SUHARTINI (2022) PENGARUH PENERAPAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PAPALANGKABUPATEN MAMUJU.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (34kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx

Download (14kB)
[img] Text
3. MOTO DAN PERUNTUKAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. PRAKATA.docx

Download (18kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
7.DAFTAR TABEL.docx

Download (15kB)
[img] Text
8.DAFTAR GAMBAR.docx

Download (13kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (23kB)
[img] Text
L 7 RINCIAN HASIL OBSERVASI SISWA.docx

Download (84kB)
[img] Text
L 8 DAFTAR NILAI EVALUASI.docx

Download (11MB)
[img] Text
L 10 T-TABEL.docx

Download (24kB)
[img] Text
L 11 FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (78kB)

Abstract

Sri Suhartini. 2016. Pengaruh Penerapan Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos. M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penerapan mind mapping (peta pikiran) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah penerapan mind mapping (peta pikiran)? (3) apakah ada pengaruh penerapan mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju? Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan mind mapping (peta pikiran) mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju.(2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah penerapan mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia (3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah penerapan mind mapping (peta pikiran) pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang yang berjumlah 96 siswa, terdiri atas 52 siswa berjenis kelamin perempuan dan 44 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII I yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh penerapan mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:42
Last Modified: 18 Jul 2022 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23880

Actions (login required)

View Item View Item