SRI SUHARTINI (2022) PENGARUH PENERAPAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PAPALANGKABUPATEN MAMUJU.
Text
1. SAMPUL DEPAN.docx Download (34kB) |
|
Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRISPI.docx Download (14kB) |
|
Text
3. MOTO DAN PERUNTUKAN.docx Download (14kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.docx Download (16kB) |
|
Text
5. PRAKATA.docx Download (18kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
7.DAFTAR TABEL.docx Download (15kB) |
|
Text
8.DAFTAR GAMBAR.docx Download (13kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (44kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (23kB) |
|
Text
L 7 RINCIAN HASIL OBSERVASI SISWA.docx Download (84kB) |
|
Text
L 8 DAFTAR NILAI EVALUASI.docx Download (11MB) |
|
Text
L 10 T-TABEL.docx Download (24kB) |
|
Text
L 11 FOTO DOKUMENTASI KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (78kB) |
Abstract
Sri Suhartini. 2016. Pengaruh Penerapan Mind Mapping (Peta Pikiran) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Pattaufi, S.Pd, M.Si. dan Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos. M.Si. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran penerapan mind mapping (peta pikiran) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia setelah penerapan mind mapping (peta pikiran)? (3) apakah ada pengaruh penerapan mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju? Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan mind mapping (peta pikiran) mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju.(2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa setelah penerapan mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia (3) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa setelah penerapan mind mapping (peta pikiran) pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang yang berjumlah 96 siswa, terdiri atas 52 siswa berjenis kelamin perempuan dan 44 siswa berjenis kelamin laki-laki. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII I yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini sekaligus menjawab hipotesis H1 = Ada pengaruh penerapan mind mapping (peta pikiran) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Papalang Kabupaten Mamuju.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:42 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:42 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23880 |
Actions (login required)
View Item |