PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER LESSONS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs. AL-BASHIRAH MAKASSAR

NURSANI JUMASNIA R. (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER LESSONS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTs. AL-BASHIRAH MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (31kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (15kB)
[img] Text
3. MOTO.docx

Download (14kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
5. PRAKATA.docx

Download (17kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (93kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
L9 LAMPIRAN DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

NURSANI JUMASNIA R. 2015. Penerapan model pembelajaran Peer Lessons dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas VII MTs.Al-Bashirah Makassar. Skripsi yang dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dr. H. Abd. Haling, M.Pd. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran Peer Lessons dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Peer Lessons dalam pembelajaran Matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan alur PTK yang terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VII MTs. Al-Bashirah Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan hasil model pembelajaran Peer Lessons dalam proses pembelajaran matematika pada kelas VII membuat siswa menjadi lebih semangat mengikuti proses pembelajaran, siswa telah aktif berdiskusi dengan teman kelompoknya, dan siswa mulai antusias mengikuti pembelajaran. Pada Siklus I belum berhasil karena belum mencapai KKM hal ini dapat dilihat oleh hasil observasi aktivitas guru di kelas VII belum dilaksanakan dengan baik karena guru masih kurang memberikan bimbingan kepada semua kelompok namun guru hanya memberikan bimbingan kepada beberapa kelompok saja sehingga kelompok lain mengerjakan tugasnya dengan cara mereka sendiri. Demikian pula pada akivitas siswa yang belum sepenuhnya aktif dalam kelompoknya dan siswa hanya sekedar mendengarkan pendapat temannya tanpa mengerjakan tugas kelompok secara bersama. Sedangkan pada siklus II pada aktivitas guru secara keseluruhan mengawasi dan membimbing siswa dalam proses pembelajaran maupun tugas kelompoknya sehingga proses pembelajarannya berjalan dengan baik, begitu pula dengan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran telah terjadi peningkatan dibanding siklus I. Jadi dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa pada siklus I berada dalam kategori rendah dan pada siklus II berada dalam kategori baik dengan demikian menerapkan model pembelajaran Peers Lessons dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:43
Last Modified: 15 Jul 2022 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/23835

Actions (login required)

View Item View Item