PENGGUNAAN MEDIA KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III SLB NEGERI 02 MAKASSAR

Muh Rizaldi. R (2022) PENGGUNAAN MEDIA KOTAK ALFABET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III SLB NEGERI 02 MAKASSAR.

[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (158kB)
[img] Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I BARU.docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II BARU.docx

Download (244kB)
[img] Text
BAB III BARU.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV baru risal.docx

Download (78kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BARU.docx

Download (28kB)
[img] Text
jurnal muh rizaldi.docx

Download (75kB)

Abstract

Berdasarkan indentifikasi masalah dalam penelitian ini ditemukan fenomena bahwa terdapat peserta didik tunagrahita ringan mengalami kesulitan dalam membaca permulaan di kelas dasar III SLB Negeri 02 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB NEGERI 02 Makassar melalui penggunaan Media Kotak Alfabet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar III di Negeri 02 Makassar melalui Penggunaan Media Kotak Alfabet. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan anak sebelum penggunaan media kotak alfabet berada pada kategori rendah. Sedangkan setelah penggunaan media kotak alfabet berada pada kategori meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kotak alfabet dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB Negeri 02 Makassar. Keywords: media kotak alfabet, Kemampuan Membaca Permulaan, Tunagrahita Ringan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:56
Last Modified: 22 Feb 2022 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22271

Actions (login required)

View Item View Item