MUHAMMAD RIJAL (2022) IMPLEMENTASI METODE BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VIII-C DI SLBN PEMBINA TINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN SENTRA PENDIDIKAN KHUSUS DAN PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS.
Text
SAMPUL LUAR.docx Download (25kB) |
|
Text
SAMPUL DALAM.docx Download (53kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (15kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
sampul lampiran.docx Download (12kB) |
|
Text
Lampiran-lampiran.docx Download (747kB) |
Abstract
Muhammad Rijal, 2016. Implementasi Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII-C Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Dan Dra. Hj. Kasmawati, M. S. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII-C Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra Pendidikan Khusus Dan Pendidikan Layanan Khusus yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada peningkatan pengenalan rambu-rambu lalu lintas melalui implementasi metode bermain peran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan pengenalan rambu-rambu lalu lintas melalui implementasi metode bermain peran. Penelitian ini adalah penelitian yang mengkomplikasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas siswa melalui penerapan metode bermain peran pada siswa tunagrahita ringan Kelas VIII-C Di SLBN Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Sentra Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus. Subjek penelitian ini adalah siswa tunagrahita ringan kelas VIII-C yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Nilai yang diperoleh selanjutnya dikonversikan dengan kriteria ketuntasan minimal sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengambilan kesimpulan mengenai kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengenalan rambu-rambu lalu lintas, nilai yang diperoleh pada akhir siklus I adalah 47,5 dan setelah siklus II menjadi 65. Peningkatan rata-rata pengenalan rambu-rambu lalu lintas dari 4,75 di akhir siklus I menjadi 6,5 di akhir siklus II dan terjadi peningkatan. Dari analisis hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode bermain peran dapat meningkatkan pengenalan rambu-rambu lalu lintas siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 06:34 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 06:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22049 |
Actions (login required)
View Item |