PENGGUNAAN I-CHAT V4.0 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN STRUKTUR KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIII DI SLB NEGERI 1 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR

FITRIANI (2022) PENGGUNAAN I-CHAT V4.0 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN STRUKTUR KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIII DI SLB NEGERI 1 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
SAMPUL LUAR.docx

Download (17kB)
[img] Text
SAMPUL DALAM dkk.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (584kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (106kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lampiran 1 KURIKULUM BAHASA INDONESIA.docx

Download (14kB)
[img] Text
Lampiran 2 KISI2 INSTRUMEN.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 3 TES KEMAMPUAN.docx

Download (64kB)
[img] Text
Lampiran 4 DATA HASIL PENELITIAN.docx

Download (17kB)
[img] Text
Lampiran 7 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (91kB)

Abstract

FITRIANI, 2014. Penggunaan I-CHAT v4.0 Dalam Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Struktur Kalimat Pada Siswa Tunarungu Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Drs. Mufa’adi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan dalam menyusun kalimat yang berstruktur siswa tunarungu kelas VIII yang masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat ketika penulis melakukan observasi awal pada Januari 2014, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar masih belum mampu merangkai kata-kata yang disajikan untuk dijadikan kalimat yang tepat, bahkan untuk membuat kalimat yang sangat sederhana pun masih terbolak-balik. Hal ini membuktikan bahwa pemahaman siswa tunarungu tentang struktur kalimat sangat jauh bila dibandingkan dengan anak normal. Berkaitan dengan kaidah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar?” Tujuannya adalah untuk mengetahui “Adanya peningkatan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan i�CHAT v4.0 pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar”. Merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A – B – A. Subjek penelitian adalah 1 orang siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kab. Takalar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat.FITRIANI, 2014. Penggunaan I-CHAT v4.0 Dalam Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Struktur Kalimat Pada Siswa Tunarungu Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Drs. Mufa’adi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan dalam menyusun kalimat yang berstruktur siswa tunarungu kelas VIII yang masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat ketika penulis melakukan observasi awal pada Januari 2014, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar masih belum mampu merangkai kata-kata yang disajikan untuk dijadikan kalimat yang tepat, bahkan untuk membuat kalimat yang sangat sederhana pun masih terbolak-balik. Hal ini membuktikan bahwa pemahaman siswa tunarungu tentang struktur kalimat sangat jauh bila dibandingkan dengan anak normal. Berkaitan dengan kaidah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar?” Tujuannya adalah untuk mengetahui “Adanya peningkatan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan i�CHAT v4.0 pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar”. Merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A – B – A. Subjek penelitian adalah 1 orang siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kab. Takalar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:38
Last Modified: 03 Feb 2022 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21994

Actions (login required)

View Item View Item