FITRIANI (2022) PENGGUNAAN I-CHAT V4.0 DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYUSUNAN STRUKTUR KALIMAT PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIII DI SLB NEGERI 1 MAPPAKASUNGGU KABUPATEN TAKALAR.
Text
SAMPUL LUAR.docx Download (17kB) |
|
Text
SAMPUL DALAM dkk.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (584kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (33kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (106kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
|
Text
Lampiran 1 KURIKULUM BAHASA INDONESIA.docx Download (14kB) |
|
Text
Lampiran 2 KISI2 INSTRUMEN.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 3 TES KEMAMPUAN.docx Download (64kB) |
|
Text
Lampiran 4 DATA HASIL PENELITIAN.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran 7 DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (91kB) |
Abstract
FITRIANI, 2014. Penggunaan I-CHAT v4.0 Dalam Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Struktur Kalimat Pada Siswa Tunarungu Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Drs. Mufa’adi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan dalam menyusun kalimat yang berstruktur siswa tunarungu kelas VIII yang masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat ketika penulis melakukan observasi awal pada Januari 2014, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar masih belum mampu merangkai kata-kata yang disajikan untuk dijadikan kalimat yang tepat, bahkan untuk membuat kalimat yang sangat sederhana pun masih terbolak-balik. Hal ini membuktikan bahwa pemahaman siswa tunarungu tentang struktur kalimat sangat jauh bila dibandingkan dengan anak normal. Berkaitan dengan kaidah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar?” Tujuannya adalah untuk mengetahui “Adanya peningkatan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan i�CHAT v4.0 pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar”. Merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A – B – A. Subjek penelitian adalah 1 orang siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kab. Takalar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat.FITRIANI, 2014. Penggunaan I-CHAT v4.0 Dalam Meningkatkan Kemampuan Penyusunan Struktur Kalimat Pada Siswa Tunarungu Kelas VIII Di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd. dan Drs. Mufa’adi, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuan dalam menyusun kalimat yang berstruktur siswa tunarungu kelas VIII yang masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat ketika penulis melakukan observasi awal pada Januari 2014, hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kabupaten Takalar masih belum mampu merangkai kata-kata yang disajikan untuk dijadikan kalimat yang tepat, bahkan untuk membuat kalimat yang sangat sederhana pun masih terbolak-balik. Hal ini membuktikan bahwa pemahaman siswa tunarungu tentang struktur kalimat sangat jauh bila dibandingkan dengan anak normal. Berkaitan dengan kaidah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar?” Tujuannya adalah untuk mengetahui “Adanya peningkatan hasil belajar menyusun kalimat pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan i�CHAT v4.0 pada siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasungggu Kab. Takalar”. Merupakan penelitian Single Subject Research dengan desain A – B – A. Subjek penelitian adalah 1 orang siswa tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 1 Mappakasunggu Kab. Takalar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes. Data yang diperoleh diolah secara kuantitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan i-CHAT v4.0 modul latihan dan game susun kata dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 06:38 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 06:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21994 |
Actions (login required)
View Item |