PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA HURUF TIMBUL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB PEMBINATINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN

Jusniati (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA HURUF TIMBUL PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR II DI SLB PEMBINATINGKAT PROVINSI SULAWESI SELATAN.

[img] Text
SAMPUL.docx

Download (68kB)
[img] Text
pengesahan.docx

Download (15kB)
[img] Text
halaman depan.docx

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (21kB)
[img] Text
Pendahuluan (Repaired).docx

Download (179kB)
[img] Text
Jaring.docx

Download (16kB)
[img] Text
S I L A B U S.docx

Download (39kB)

Abstract

Jusniati 2012, Skripsi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Huruf Timbul Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar II SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Nahrawi, M.Si dan Dra.Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah media huruf timbul dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II di SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media huruf timbul pada murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian berjumlah 6 murid tunagrahita ringan kelas dasar II SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun ajaran 2010/2011. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar IIpada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi selatan sebelum diterapkan media huruf timbul termasuk dalam kategori kurang mampu. Kemudian setelah diterapkan media huruf timbulpada tes akhir, terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringankelas dasar IIpada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dan termasuk dalam kategori mampu. Dengan adanya perbedaan kemampuan membaca permulaan dari sebelum sampai dengan setelah diterapkanmedia huruf timbul maka diindikasikan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar IIpada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Artinya dengan diterapkan media huruf timbul dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, maka kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan kelas dasar II pada SLB Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan dapat ditingkatkan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:53
Last Modified: 10 Jan 2022 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21669

Actions (login required)

View Item View Item