Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Siswa

Setiawan, Iswan Achlan (2015) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran pada Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Memperhatikan Kemampuan Awal Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
4. BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
8. BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah dengan memperhatikan kemampuan awal, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan penggunaan media video pembelajaran pada pendekatan scientificdan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tidak penggunaan media video pembelajaran pada pendekatan scientific. Unit eksperimen pada penelitian ini dipilih secara random sebanyak dua kelas pada SMA Negeri 1 Bantaengtahun ajaran 2014/2015 yaitu siswa kelas XI MIA 2 dan kelas XI MIA 3.Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut: (1) kemampuan awal matematika siswayang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran pada pendekatan scientific berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 79,21 dengan standar deviasi 12,45 dari skor ideal 100, dan hasil belajar matematika yang diperoleh berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 85,82 dengan standar deviasi 8,54 dari skor ideal 100 (2) kemampuan awal matematika siswayang diajar dengan tidak menggunakan media video pembelajaran pada pendekatan scientific berada dalam kategori tinggi dengan rata-rata 85,53 dengan standar deviasi 11,52 dari skor ideal 100, dan hasil belajar matematika yang diperoleh berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 78,85 dengan standar deviasi 9,62 dari skor ideal 100. Hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa dengan memperhatikan kemampuan awal, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelajaran pada pendekatan scientific dan dengan tidak menggunakan media video pembelajaran pada pendekatan scientific. Karena adanya perbedaan yang signifikan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran pada pendekatan scientific berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pendekatanscientific, video pembelajaran, kemampuan awal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 May 2018 05:25
Last Modified: 11 May 2018 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/8507

Actions (login required)

View Item View Item