ANDI ARFAN KAMALUDDIN (2023) PENERAPAN STRATEGI SQ3R (SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILANMEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS V SDN 248 LAULAWENG KECAMATAN MARIORIAWA KABUPATEN SOPPENG.
Text
SAMPUL.docx Download (55kB) |
|
Text
1 JUDUL.docx Download (55kB) |
|
Text
2 lembar pengeshan.docx Download (158kB) |
|
Text
3 pernyataan keaslian skripsi.docx Download (16kB) |
|
Text
4 MOTTO.docx Download (13kB) |
|
Text
5 abstrak.docx Download (19kB) |
|
Text
6 PRAKATA.docx Download (22kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI hasil.docx Download (24kB) |
|
Text
bab I.docx Download (23kB) |
|
Text
bab II.docx Download (39kB) |
|
Text
bab III.docx Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (16kB) |
Abstract
Andi Arfan Kamaluddin, 2017. Penerapan Strategi SQ3R (Survey Question Read Recite Review) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V SDN 248 Laulaweng Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Hamzah Pagarra S.Kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi SQ3R (Survey Question Read Recite Review) untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 248 Laulaweng Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan strategi SQ3R (Survey Question Read Recite Review) untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 248 Laulaweng Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan strategi SQ3R (Survey Question Read Recite Review) dan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman. Setting penelitian ini adalah SDN 248 Laulaweng, yang bertempat di Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pada siklus I menunjukan kategori cukup dan siklus II menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar keterampilan membaca pemahaman siswa dari kategori tidak tuntas pada siklus I menjadi kategori tuntas pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan strategi SQ3R dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN 248 Laulaweng Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 01:34 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/33347 |
Actions (login required)
View Item |