RISDAYANTI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS 1 MAKASSAR.
Text
sampulku.docx Download (53kB) |
|
Text
sampul 2.docx Download (30kB) |
|
Text
bab 1.docx Download (24kB) |
|
Text
bab 2.docx Download (44kB) |
|
Text
bab 3.docx Download (51kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (14kB) |
|
Text
lampiranku.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT PENDIDIKAN.docx Download (87kB) |
Abstract
Risdayanti . 2016. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar.Skripsi. Dibimbing oleh:Dra. Hj. Amrah, S.Pd.,M.Pd dan Hj. Johara Nonci, M.Si Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SD Inpres Perumnas 1 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimanakah penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar? Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika realistic untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Perumnas 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan pembelajaran kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus dua kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian yakni penerapan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA dengan memberikan contoh yang sesuai dengan kehidupan nyata siswa dan memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar siswa sebagai media pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas IVA. Subjek penelitian yakni 1 orang guru dan 21 siswa yang terdiri dari 13 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I masih menunjukkan kategori cukup dan siklus II meningkat dengan kategori baik. Demikian pula aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal tersebut diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dari kategori cukup pada siklus I menjadi kategori baik pada siklus II. Dengan demikian penerapan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IVA SD Inpres Perumnas 1 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/32887 |
Actions (login required)
View Item |