SISKA ANDIKA BASIR (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN NO.127 INPRES KO’MARA I KECAMATAN POLONG BANGKENG UTARA KABUPATEN TAKALAR.
Text
sampul.docx Download (61kB) |
|
Image
PERSETUJUAN.jpg Download (679kB) |
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (763kB) |
|
Text
daftar isi.docx Download (37kB) |
|
Text
bab 1.docx Download (32kB) |
|
Text
bab 2.docx Download (63kB) |
|
Text
bab 3.docx Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (18kB) |
|
Text
lampiran fix.docx Download (3MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP siska.docx Download (41kB) |
Abstract
Siska Andika Basir, 2017, Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN No.127 Inpres Ko’mara I Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Pembimbing Dr. Hj. Rohana, M.Pd dan Dr. Andi Makkasau, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN No.127 Inpres Ko’mara I Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN No.127 Inpres Ko’Mara I Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA untuuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN No.127 Inpres Ko’Mara I Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Setting penelitian dilaksanakan di SDN No.127 Inpres Ko’mara I Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar dengan subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V yang terdiri dari 5 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan pada setiap siklusnya dapat dilihat pada aktivitas guru dan siswa, aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik. Selain itu, peningkatan hasil belajar siswa terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I berada pada kategori tidak tuntas dan mengalami peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori tuntas. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN No.127 Inpres Ko’mara I Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 01:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 01:52 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30718 |
Actions (login required)
View Item |