NUR RAHMA HARIS (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS V SD NEGERI EMMY SAELAN KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL PERTAMA.docx Download (29kB) |
|
Text
SAMPUL KE DUA.docx Download (30kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB I RAHMA.docx Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (35kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (25kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (7MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (55kB) |
Abstract
Nur Rahma Haris. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) Siswa Kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Hikmawati Usman S.Pd.,M.Pd dan Sumalin Mus, S.Pd., M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya penggunaan metode inovatif dan kurangnya mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar SBK siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar SBK bagi siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dan hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis hasil pengamatan guru dan siswa serta tes hasil belajar berupa tes evaluasi,praktek dan hasil belajar siswa. Fokus Subjek penelitian, setelah teknik pengumpulan data, teknik analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK)nya masih berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II menjadi sangat lebih baik. Jadi kesimpulannya dari hasil penelitian melalui penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) siswa kelas V SD Negeri Emmy Saelan Kecamatan Rappocini Kota Makassar dapat meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 03:01 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 03:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/30128 |
Actions (login required)
View Item |