RISNAWATI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA SD INPRES PERUMNAS 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL.docx Download (42kB) |
|
Text
DAFTAR ISI DKK.docx Download (40kB) |
|
Text
ISI (BAB 1,2,3,4,5).docx Download (111kB) |
|
Text
HASIL OBSERVASI GURU 1 (L14).docx Download (21kB) |
|
Text
HASIL OBSERVASI GURU 2 (L15).docx Download (21kB) |
|
Text
LAMPIRAN.docx Download (12kB) |
|
Text
LAMPIRAN 20 DOKUMENTASI.docx Download (2MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (50kB) |
Abstract
Risnawati, 2018. Pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa SD Inpres Perumnas 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Widya Karmila Sari Achmad, M.Pd. dan Dr. Rudi Amir, M.Pd. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Perumnas 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Penelitian ini bertujua untuk memberikan gambaran penerapan model Quantum Teaching, gambaran motivasi belajar siswa, serta mengetahui pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap motivasi belajara siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Inpres Perumnas 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-Eksperimental.Variabel penelitian ini terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup model Quantum Teaching dan variabel terikat mencakup motivasi belajar siswa. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Perumnas 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi dengan memanfaatkan skala likert, lembar observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrument menggunakan uji validitas isi oleh 2 pakar ahli dibidangnya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching di kelas V mengalami peningkatan disetiap pertemuannya berdasarkan 6 aspek yang diamati yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demostrasikan, Ulangi dan Rayakan. Motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model Quantum Teaching menunjukkan perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh data nilai singnifikan hasil jawaban pretest dan posttest adalah sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar IPS siswa sebelum dan setelah diterapkan model Quantum Teaching. Berdasarkan Hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Quantum Teaching berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 05:38 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 05:38 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29963 |
Actions (login required)
View Item |