Dian Saritirta Syam PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT LARIANG BANGI II KECAMATAN MAKASSAR KOTA MAKASSAR.
Text
1. Sampul & Lampiran Depan.docx Download (72kB) |
|
Text
2. BAB I.docx Download (37kB) |
|
Text
3. BAB II.docx Download (59kB) |
|
Text
4. BAB III.docx Download (43kB) |
|
Text
5. BAB IV.docx Download (59kB) |
|
Text
6. BAB V.docx Download (30kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.docx Download (15kB) |
|
Text
20. lampiran 15 PERSURATAN.docx Download (15kB) |
|
Text
23. lampiran 18 RIWAYAT HIDUP.docx Download (58kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran pembelajaran aktif tipe card sort dan (2) hasil belajar IPS siswa(3)apakah terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gambaran pembelajaran aktif tipe card sort dan (2) hasil belajar IPS siswa (3) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment, dengan tahap pretest, treatment, dan posttest. Variabel penelitian terdiri atas dua, yaitu variabel bebas mencakup pembelajaran aktif tipe card sort dan variabel terikat mencakup hasil belajar IPS. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II. Seluruh populasi dalam penelitian merupakan subjek penelitian karena hanya terdiri dari satu kelompok dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan t-test dengan jenis paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran aktif tipe card sort memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres Bertingkat Lariang Bangi II Kecamatan Makassar Kota Makassar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 02:51 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/29925 |
Actions (login required)
View Item |