JULI HASRITA (2023) PENGEMBANGAN METODE BERNYANYI BERBANTUAN MEDIA KARTU UNTUK MENINGKATKAN KEAKSARAAN AWAL DI KELOMPOK B1 TK MAMAMPANG ARA KECAMATA BONTOBAHARI KABUPATEN BULUKUMBA.
Text
Daftar Isi.docx Download (85kB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (29kB) |
|
Text
Bab 2.docx Download (41kB) |
|
Text
Bab 3.docx Download (34kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (16kB) |
|
Text
RPPH.docx Download (47kB) |
|
Text
Lampiran - Dokumentasi.docx Download (2MB) |
|
Text
Riwayat Hidup.docx Download (50kB) |
Abstract
Juli Hasrita, 2015. Pengembangan Metode Bernyanyi Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Keaksaraan Awal di Kelompok B1 TK Mamampang Ara Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Pengembangan pembelajaran dibimbing oleh Herman, S.Pd, M.Pd. dan Azizah Amal S.S, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam pengembangan pembelajaran ini adalah “Bagaimanakah pengembangan metode bernyanyi berbantuan media kartu untuk meningkatkan keaksaraan awal di kelompok B1 TK Mamampang Ara Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba?”. Tujuan pengembangan pembelajaran ini untuk meningkatkan keaksaraan awal melalui pengembangan metode bernyanyi berbantuan media kartu di Kelompok B1 TK Mamampang Ara Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Subjek dalam pengembangan pembelajaran ini adalah guru dan anak kelompok B1 sebanyak 16 orang yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara kualitatif melalui tahap penyelidikan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dicapai setelah pengembangan metode bernyanyi menunjukkan peningkatan keaksaraan awal anak. Anak dapat mengenal huruf dengan baik dan mampu membedakannya dengan benar Sebagai kesimpulan, pengembangan metode bernyanyi dengan berbantuan media kartu dapat meningkatkan keaksaraan awal di kelompok B1 TK Mamampang Ara Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Karena itu, metode bernyanyi berbantuan media kartu direkomendasikan untuk dijadikan alternatif tindakan dalam pengembangan pembelajaran untuk meningkatkan keaksaraan awal di Taman Kanak-Kanak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 06:39 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 06:39 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/26510 |
Actions (login required)
View Item |