WINARTI (2022) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA DI SMP NEGERI 2 MAKASSAR.
Text
1. Sampul depan.docx Download (59kB) |
|
Text
1. Sampul depan.docx Download (59kB) |
|
Text
SKRIPSI wina.docx Download (131kB) |
|
Text
lampiran 1, 2 JADWAL KEGIATAN.docx Download (30kB) |
|
Text
lampiran 3 lembar media kegiatan simulasi baru.docx Download (16kB) |
|
Text
lampiran 4, 5 angket baru.docx Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Download (36kB) |
Abstract
Winarti, 2012. Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Hubungan Interpersonal siswa SMP Negeri 2 Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh H. Kulasse Kanto dan Sulaiman Samad, jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Hubungan Interpersonal siswa di SMP Negeri 2 Makassar. Masalah utama penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa (2) Bagaimana gambaran keterampilan hubungan interpersonal siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi (3) Apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa, (2) Untuk mengetahui gambaran keterampilan hubungan interpersonal siswa sebelum dan setelah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi (3) Untuk mengetahui apakah penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan pre-eksperimental design terhadap 20 subjek penelitian yang merupakan siswa SMP Negeri 2 Makassar. Pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis non parametrik, yaitu uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dalam meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa dilaksanakan selama empat tahap yaitu latihan komunikasi, latihan saling menolong, latihan tampil di depan umum dan latihan empati. Dalam setiap pelaksanaan permainan simulasi siswa mengikuti mengikuti dengan antusias serta aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan yang diberikan. (2) Keterampilan hubungan interpersonal siswa sebelum diberi perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi berada pada kategori sedang dan menunjukkan peningkatan setelah diberi perlakuan yaitu berada pada kategori sangat tinggi. (3) Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi dapat meningkatkan keterampilan hubungan interpersonal siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 03:14 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 03:14 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24176 |
Actions (login required)
View Item |