Pengaruh Penerapan Teknik Humor Dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa di SMA 1 Negeri Herlang

Ahmad Syaharuddin (2022) Pengaruh Penerapan Teknik Humor Dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa di SMA 1 Negeri Herlang.

[img] Text
Sampul Skipsi(1).doc

Download (177kB)
[img] Text
halaman awal.docx

Download (44kB)
[img] Text
Skripsi asliku.docx

Download (114kB)
[img] Text
lampiran 1-9.docx

Download (70kB)
[img] Text
lampiran 10-12.docx

Download (71kB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (60kB)

Abstract

Ahmad Syaharuddin, 2012. Penggunaan Teknik Humor dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Herlang. Skripsi. Dibimbing oleh H. Abdul Salam dan Muhammad Anas. Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Penggunaan teknik humor dalam Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Kecemasan Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Herlang. Masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran kecemasan belajar siswa sebelum dan setelah diberi teknik humor di SMA Negeri 1 Herlang, dan (2) Apakah terdapat pengaruh penerapan Teknik Humor dalam Bimbingan Kelompok untuk mengurangi kecemasan belajar siswa di SMA Negeri 1 Herlang. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran kecemasan siswa sebelum dan setelah diberi teknik humor di SMA Negeri 1 Herlang. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik humor dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan belajar siswa di SMA Negeri 1 Herlang. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen terhadap 30 subjek penelitian yang merupakan siswa kelas X di SMA Negeri 1 Herlang. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis statistik inferensial, yaitu t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kecemasan siswa di SMA Negeri 1 Herlang sebelum diberi teknik humor berada pada kategori tinggi dan tingkat kecemasan siswa setelah diberi teknik humor mengalami penurunan atau berada pada kategori rendah, dan (2) Terdapat pengaruh penerapan teknik humor dalam bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan belajar siswa di SMA Negeri 1 Herlang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:49
Last Modified: 03 Aug 2022 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/24171

Actions (login required)

View Item View Item