AYU LESTARI (2022) PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA PROGRAM BEGADANG LEARNING DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR GADJAHMADA CABANG PERUMAHAN DOSEN UNIVERSITAS HASANUDDIN (PERDOS UNHAS) KOTA MAKASSAR.
Text
sampul SKRIPSI.docx Download (27kB) |
|
Text
PENGESAHAN UJIAN SKRIPSI PA.docx Download (29kB) |
|
Text
Pengeahan Skripsi.docx Download (30kB) |
|
Text
pernyataan + Daftar Isi Hasil.docx Download (35kB) |
|
Text
Skripsiku Perbaikan.docx Download (1MB) |
Abstract
AYU LESTARI, 2018. Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Pada Program Begadang Learning Di Lembaga Bimbingan Belajar Gadjahmada Cabang Perumahan Dosen Universitas Hasanuddin (Perdos Unhas) Kota Makassar. Pembimbing dalam penelitian ini adalah Bapak Ali Latief dan Rudi Amir, Pada Program Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini mengkaji tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada program begadang learning di Lembaga Bimbingan Gadjahmada Cabang Perumahan Dosen Universitas Hasanuddin (Perdos Unhas) Kota Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada program begadang learning di lembaga bimbingan belajar Gadjahmada di Cabang Perumahan Dosen Universitas Hasanuddin (Perdos Unhas) Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana peneliti akan memberikan gambaran yang terjadi dilapangan. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, tahap verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada program begadang learning di lembaga bimbingan belajar Gadjahmada Cabang Perumahan Dosen Universitas Hasanuddin (Perdos Unhas) Kota Makassar berjalan dengan melaksanakan tahap awal : melalukan kegiatan pembelajaran, tahap penyegaran : adanya hiburan berupa penampilan kakak-kakak tentor yang lucu dan konyol, tahap akhir : memberikan motivasi serta renungan kepada siswa. Kegiatan pembelajaran program begadang learning lebih menekankan pada suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan dengan adanya hiburan dari kakak-kakak tentor yang tampil lucu, ruang belajar yang dihias dengan balon dan pernak-pernik lain sehingga tampak indah. Selain itu ada beberapa tahapan dalam kegiatan pembelajaran yakni: 1) Kegiatan pendahuluan : menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik dengan mengalihkan fokus siswa untuk siap mengikuti proses pembelajaran, 2) Kegiatan Inti : menyampaikan tujuan atau garis besar materi yang akan dipelajari, membahas materi atau menyajikan bahan pelajaran, mengerjakan soal-soal prediksi ujian nasional. 3) Kegiatan Penutup : melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram, melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil pembelajaran dan/atau memberikan tugas baik tu¬gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik, serta memberikan motivasi kepada siswa untuk terus belajar dan meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Apr 2022 03:16 |
Last Modified: | 12 Apr 2022 03:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22923 |
Actions (login required)
View Item |