SYAHRUNI (2022) PENGGUNAAN FLANNELGRAPH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLB-C YPPLB MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL (i).pdf Download (39kB) |
|
Text
2. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (iv).pdf Download (6kB) |
|
Text
5. MOTO DAN PERUNTUKAN (v).pdf Download (156kB) |
|
Text
6. ABSTRAK (vi).pdf Download (155kB) |
|
Text
7. PRAKATA (vii-ix).pdf Download (14kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI (x-xii).pdf Download (15kB) |
|
Text
9. DAF GBR, GRAF, TABEL, LAM (xiii-xix).pdf Download (186kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
11. BAB II.pdf Download (215kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Download (117kB) |
|
Text
13. BAB IV.pdf Download (812kB) |
|
Text
14. BAB V & DAPUS.pdf Download (107kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN 1,2,3.pdf Download (492kB) |
|
Text
16. Lampiran 4.pdf Download (131kB) |
|
Text
17. Lampiran 5.pdf Download (501kB) |
|
Text
18. RIWAYAT HIDUP (FIX).pdf Download (160kB) |
|
Text
JURNAL SYAHRUNI.pdf Download (540kB) |
Abstract
SYAHRUNI 2018 Penggunaan Flannelgraph dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Dr. Usman, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid tunagrahita ringan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca permulaan di SLBC YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi”. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1), 2) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B), 3) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 2 (A2), 4) untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan flannelgraph berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLBC YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III SLB-C YPPLB Makassar berinisial MF. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan flannelgraph dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan flannelgraph dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid tunagrahita ringan Kelas Dasar III di SLB-C YPPLB Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:03 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:03 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22317 |
Actions (login required)
View Item |