Isnaniah (2022) PENGGUNAAN GAMBAR CERITA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR I DI SLB NEGERI TANAH PASER KABUPATEN PASER KALIMANTAN TIMUR.
Text
sampul-ku.docx Download (80kB) |
|
Text
bab 1-3.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
|
Text
Lampiran-lampiran.docx Download (3MB) |
|
Text
DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (4MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (33kB) |
Abstract
Isnaniah 2014. Penggunaan media gambar cerita dalam meningkatkan kemampuan bicara anak tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bicara anak tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media gambar cerita dalam meningkatkan kemampuan bicara anak tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan bicara anak tunagrahita ringan melalui penggunaan media gambar cerita kelas dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah murid tunagrahita ringan kelas dasar I yang berjumlah 3 orang di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media gambar cerita dapat meningkatkan kemampuan bicara pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur, Hal tersebut dapat dilihat dari Kemampuan bicara pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur sebelum penggunaan media gambar cerita berada pada kategori kurang, kemampuan bicara pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur setelah penggunaan media gambar cerita berada pada kategori baik dan terdapat peningkatan kemampuan bicara pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB penggunaan media gambar cerita dari kategori kurang menjadi kategori baik. Hal ini berarti bahwa penggunaan media gambar cerita terbukti dapat meningkatkan kemampuan bicara pada murid tunagrahita ringan kelas dasar I di SLB Negeri Tanah Paser Kabupaten Paser Kalimantan Timur
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 20 Jan 2022 06:16 |
Last Modified: | 20 Jan 2022 06:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21848 |
Actions (login required)
View Item |