PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

KASILAH WAHYUNINGSIH (2022) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.

[img] Text
Cover aja.docx

Download (20kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.docx

Download (75kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (81kB)
[img] Text
Motto dan peruntukkan.docx

Download (26kB)
[img] Text
Daftar Isi dll.docx

Download (30kB)
[img] Text
Bab I.doc

Download (113kB)
[img] Text
Bab II.doc

Download (127kB)
[img] Text
Bab III.doc

Download (122kB)
[img] Text
Bab IV.doc

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.doc

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc

Download (101kB)
[img] Text
lampiran instrumen.docx

Download (85kB)
[img] Text
dokumentasi.docx

Download (265kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.doc

Download (2MB)

Abstract

KASILAH WAHYUNINGSIH. 2014.“Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.M. Shodiq AM, M.Pd. dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada kompetensi mengenal bagian-bagian utama tumbuhan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pemanfaatan lingkungan sekolah pada murid Tunagrahita ringan kelas Dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA sebelum dan setelah pemanfaatan lingkungan sekolah pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan lingkungan sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Jan 2022 06:43
Last Modified: 19 Jan 2022 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21828

Actions (login required)

View Item View Item