KASILAH WAHYUNINGSIH (2022) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS DASAR III DI SLBN TANAH GROGOT KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.
Text
Cover aja.docx Download (20kB) |
|
Text
persetujuan pembimbing.docx Download (75kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Download (81kB) |
|
Text
Motto dan peruntukkan.docx Download (26kB) |
|
Text
Daftar Isi dll.docx Download (30kB) |
|
Text
Bab I.doc Download (113kB) |
|
Text
Bab II.doc Download (127kB) |
|
Text
Bab III.doc Download (122kB) |
|
Text
Bab IV.doc Download (1MB) |
|
Text
Bab V.doc Download (102kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc Download (101kB) |
|
Text
lampiran instrumen.docx Download (85kB) |
|
Text
dokumentasi.docx Download (265kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (2MB) |
Abstract
KASILAH WAHYUNINGSIH. 2014.“Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui pemanfaatan Lingkungan Sekolah Pada Murid Tunagrahita Ringan Kelas Dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.M. Shodiq AM, M.Pd. dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa; Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada kompetensi mengenal bagian-bagian utama tumbuhan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pemanfaatan lingkungan sekolah pada murid Tunagrahita ringan kelas Dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA sebelum dan setelah pemanfaatan lingkungan sekolah pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, adapun subjek dalam penelitian ini murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur yang berjumlah 3 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLBN Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA anak tunagrahita ringan dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan lingkungan sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 06:43 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 06:43 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21828 |
Actions (login required)
View Item |