Risnawat (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES NO. 26 BARANG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU.
Text
SAMPUL -SKRIPSI.docx Download (56kB) |
|
Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx Download (86kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Download (18kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.docx Download (27kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.docx Download (46kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
|
Text
RENCANA PELAKSANKAAN PEMBELAJARAN.docx Download (717kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Download (1MB) |
Abstract
Risnawati, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres No.26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru, Skripsi. Dibimbing oleh Hj.Nurhaedah,S.Pd., M.Hum dan Farida Febriati, S.S., M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres No.26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa, dengan subjek penelitian terdiri dari satu orang guru dan 19 orang siswa dimana 8 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres No. 26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan setiap siklus. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan pada siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Selain itu dapat dilihat dari tes akhir siklus pada setiap pertemuan yang menglami peningkatan. Hasil tes pada siklus I berada pada kategori sangat kurang dan meningkat pada siklus II berada pada kategori baik sekali. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Inpres No.26 Barang Kecamatan Barru Kabupaten Barru.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:34 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34798 |
Actions (login required)
View Item |