Sri Rahayu (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI TIDUNG KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL SKRIPSI.docx Download (50kB) |
|
Text
3. MOTTO dan PERSEMBAHAN.docx Download (13kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
5. PRAKATA.docx Download (19kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.docx Download (18kB) |
|
Text
7. DAFTAR GAMBAR.docx Download (16kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.docx Download (16kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (16kB) |
|
Text
10. BAB I HASIL.docx Download (21kB) |
|
Text
11. BAB II HASIL.docx Download (48kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.rtf Download (58kB) |
|
Text
31. Pernyataan Validator.docx Download (19kB) |
|
Text
32. DOKUMENTASI.docx Download (5MB) |
|
Text
33. RIWAYAT HIDUP.docx Download (35kB) |
Abstract
Sri Rahayu. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si., sekaligus sebagai penasehat akademik penulis dan Dr. Andi Nurochmah, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa pembelajaran IPA menjadi mata pelajaran yang kurang menarik bagi siswa, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengiktuki pembelajaran yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep berikutnya dan berakibat pada rendahnya hasil belajar, yang terbukti dari data hasil belajar dimana sebanyak 20 orang siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimental. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Tidung. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan sebagai kelas eksperimen, yang pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dari pemberian tes hasil belajar pada ranah kognitif dan dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata- rata hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebelum perlakuan/ treatment (pretest) berada pada kategori kurang sedangkan rata- rata hasil belajar IPA siswa kelas VA SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar setelah perlakuan/ treatment (posttest) berada pada kategori sangat baik. Analisis statistik inferensial untuk uji hipotesis menggunakan SPSS diperoleh nilai asymp sig 2 tailed lebih kecil dari nilai α, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar sebelum dan sesudah dibelajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation (GI).
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 02:23 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 02:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34791 |
Actions (login required)
View Item |