PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

FEBY YANTI AGUSTINA BOLLA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
BAGIAN AWAL.docx

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (19kB)
[img] Text
nilai siklus I.docx

Download (20kB)
[img] Text
nilai siklus II.docx

Download (18kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PRESOS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (41kB)

Abstract

Feby yanti Agustina Bolla 2016. Penerapan Model Student Facilitator and untuk Explaining Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah., S.Pd., M.Pd dan Hamzah Pagarra S.Kom M.Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalahnya ialah bagaimanakah Penerapan Model Stident Facilitator and Explaining untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn pada siswa Kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba ?. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri 112 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba Melalui Model Student Facilitator and Explaining Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah satu orang guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Fokus penelitian ini adalah dari model Student Facilitator and Explaining dan hasil belajar PKn siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar PKn pada siklus I yang berada pada kategori Cukup dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam menerapkan model Student Facilitator and Explaining di setiap siklus yakni pada siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat di siklus II dengan kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:46
Last Modified: 24 Nov 2023 07:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34779

Actions (login required)

View Item View Item