PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR

SURIANI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD INPRES BERTINGKAT MAMAJANG I MAKASSAR.

[img] Text
0. SAMPUL.docx

Download (70kB)
[img] Text
1. SAMPUL DEPAN.docx

Download (73kB)
[img] Text
2. HASIL PENELITIAN (2).docx

Download (87kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN SIKLUS 2 b2.docx

Download (58kB)
[img] Text
19. DATA HASIL TES SIKLUS II.docx

Download (31kB)
[img] Text
21. RIWAYAT HIDUP.docx

Download (47kB)

Abstract

NUR EKAWATI, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas IV SD Inpres Kasimburang Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. St. Nursiah B, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si. sebagai pembimbing II, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Inpres Kasimburang Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Inpres Kasimburang Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa? Dan Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru kelas IV SD Inpres Kasimburang Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa pada mata pelajaran IPA, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match di kelas IV SD Inpres Kasimburang Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun fokus dalam penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match, dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian ini adalah Guru dan siswa kelas IV SD Inpres Jatia Kabupaten Bantaeng sebanyak 30 orang yang terdiri dari 16 orang perempuan dan 14 orang laki-laki dengan materi perubahan kenampakan bumi dan Sumber Daya Alam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus dengan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada Siklus I masuk pada kategori kurang (belum tuntas), dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori cukup (belum tuntas), selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori sangat baik (tuntas), dan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa masuk pada kategori baik (tuntas). Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Inpres Kasimburang Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:32
Last Modified: 23 Nov 2023 05:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34723

Actions (login required)

View Item View Item