PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 221 SOMPE KABUPATEN WAJO

NURNAJMI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 221 SOMPE KABUPATEN WAJO.

[img] Text
Sampul Lengkap Novi.docx

Download (48kB)
[img] Text
Bab I Novi.docx

Download (32kB)
[img] Text
Bab II Novi.docx

Download (46kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Novi.docx

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran Lengkap Novi.docx

Download (1MB)
[img] Text
riwayat hidup.docx

Download (5MB)

Abstract

Nurnajmi. 2014.Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 221 Sompe Kabupaten Wajo. Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd.,M.Pd. dan Dr. Abd. Hakim, S.Pd.,M.Si. pada Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Metode dalam pembelajaran sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Kenyataan di SDN 221 Sompe Kabupaten Wajo bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Yang belum memenuhi KKM yaitu 75. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 221 Sompe Kabupaten Wajo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 221 Sompe Kabupaten Wajo yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 14 orang siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Pelaksanaan pembelajaran melaui 7 komponen utama CTL meliputi konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Pelaksanaan tindakan dimulai pada tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I tergolong kategori cukup (C) dengan ketuntasan belajar belum mencapai presentase klasikal dan siklus II tergolong kategori Baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Kelas IV SDN 221 Sompe Kabupaten Wajo dapat meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:13
Last Modified: 22 Nov 2023 02:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34700

Actions (login required)

View Item View Item