SYAHRIANY SYARIF (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MURID KELAS IV SD INPRES 227 ROMANGA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
SAMPUL BONE.docx Download (18kB) |
|
Text
MOTTOO.docx Download (12kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN.docx Download (11kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (13kB) |
|
Text
PRAKATA.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.docx Download (12kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (19kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (17kB) |
|
Text
SKRIPSI.docx Download (160kB) |
|
Text
DOKUMENTASI SIKLUS 2.docx Download (786kB) |
|
Text
RIWAYATHIDUP.docx Download (39kB) |
Abstract
SYAHRIANY SYARIF, 2015. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples pada murid kelas IV SD Inpres 227 Romanga Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Di bimbing oleh Dr Latang, M.Pd dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini mengkaji masalah tentang rendahnya hasil belajar murid kelas IV pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dengan rumusan masalah, bagaimanakah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Inpres 227 Romanga kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SD Inpres 227 Romanga melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Pendekatan yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Inpres 227 Romanga kecamatan Binamu kabupaten Jeneponto dengan subjek penelitian yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi,tes tertulis, dan dokumentasi, sedangkan analis data dengan analisi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Peningkatan itu dapat di lihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada silkus 1 belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan karena telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum dan berada pada kategori baik. Sehingga dapat di simpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar murid kelas IV pada mata pelajaran IPS di SD Inpres 227 Romanga kecamatan binamu kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 02:01 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 02:01 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34699 |
Actions (login required)
View Item |