PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA SD INPRESPAMPANG II KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

ILMAN DERAJAT (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA SD INPRESPAMPANG II KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Lampiran dkk.docx

Download (60kB)
[img] Text
Bab I New.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II New.docx

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Ilman Dj.docx

Download (15kB)
[img] Text
Lembar Siklus I dan II.docx

Download (107kB)
[img] Text
poto gambar kegiatan.docx

Download (721kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP Ilman.docx

Download (23kB)

Abstract

Ilman Derajat. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VA SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Skripsi ini dibimbing oleh Dra. Hj. Johara Nonci, M.Si dan Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd (selaku pembimbing I dan selaku pembimbing II) pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas VA SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan matematika (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VA SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VA SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kulitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus meliputi 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah 1 guru dan siswa kelas VA SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar dengan jumlah siswa 23 orang siswa terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik anlisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I aspek guru berada pada kategori cukup (C) dan aspek siswa juga berada pada kategori cukup (C). Hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik (B) dan hasil belajar siswa untuk siklus II berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VA SD Inpres Pampang II Kecamatan Panakkukang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:10
Last Modified: 20 Nov 2023 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34678

Actions (login required)

View Item View Item