EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BORONGKALUKU KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

NASYRAH (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BORONGKALUKU KECAMATAN BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
B. Halaman Sampul .docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA skripsi.docx

Download (21kB)
[img] Text
Lampiran 1 - 21.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lampiran 22.docx

Download (29kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (51kB)

Abstract

NASYRAH. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Borongkaluku Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed, selaku pembimbing I dan Nur Abidah Idrus, S.Pd,M.Pd, selaku pembimbing II. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah yang terjadi di kelas IV SD Inpres Borongkaluku, yakni: rendahnya hasil belajar siswa dan kurang efektifnya proses pembelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Borongkaluku efektif dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Borongkaluku melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Pendekatan yang digunakan untuk penelitian adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian pra eksperimen dengan desain penelitian adalah satu kelompok pretest-postest (The One Group Pretest-Posttest desaign). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV A, dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar, lembar observasi guru dan siswa, serta respon siswa. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika efektif dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Inpres Borongkaluku efektif dengan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:23
Last Modified: 16 Nov 2023 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34654

Actions (login required)

View Item View Item