PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MURIDKELAS IV SD INPRES LAIKANG SUDIANGKOTA MAKASSAR.

HENDRY D.BANDU (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MURIDKELAS IV SD INPRES LAIKANG SUDIANGKOTA MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL.docx

Download (28kB)
[img] Text
3 BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
4 BAB II.docx

Download (45kB)
[img] Text
5 BAB III.docx

Download (33kB)
[img] Text
8 DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (34kB)
[img] Text
9 LAMPIRAN.docx

Download (90kB)
[img] Text
10 RIWAYAT HIDUP.doc

Download (1MB)

Abstract

Hendry D.Bandu. 2011. “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Murid Kelas IV SD Inpres Laikang Sudiang Kota Makassar”. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd dan Dra. Hj. Yaba, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika. Ini disebabkan proses pembelajaran kurang efektif yang hanya memberikan penjelasan singkat kepada murid setelah itu diberikan tugas kemudian diperiksa. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar murid dalam mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Inpres Laikang Sudiang Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada murid kelas IV SD Inpres Laikang Sudiang Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SD Inpres Laikang Sudiang Kota Makassar dengan jumlah guru 1 orang dan murid 41 orang yang terdiri dari 22 laki-laki dan 19 perempuan yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara kualitatif dan kuantitatif, dimana data mengenai hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil yang diperoleh dari analisis data menunjukkan ada peningkatan hasil belajar Matematika dari siklus I ke siklus II yang menunjukkan bahwa siklus I berada pada kategori sedang atau belum mencapai KKM dan pada siklus II berada pada kategori baik karena sudah mencapai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada murid kelas IV SD Inpres Laikang Sudiang Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2023 02:26
Last Modified: 10 Nov 2023 02:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34562

Actions (login required)

View Item View Item