PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN 127 BILA KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG

S U M I A T I (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN 127 BILA KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
a. halaman Sampul.docx

Download (36kB)
[img] Text
b. halaman judul.docx

Download (37kB)
[img] Text
c. Hal. Persetujuan Pemb..docx

Download (33kB)
[img] Text
d. pengesahan skripsi.docx

Download (21kB)
[img] Text
f. motto.docx

Download (18kB)
[img] Text
e. pernyataan keaslian skripsi.docx

Download (18kB)
[img] Text
g. Abstrak.docx

Download (19kB)
[img] Text
h. Prakata.docx

Download (21kB)
[img] Text
i. Daftar isi.docx

Download (19kB)
[img] Text
j. daftar tabel.docx

Download (19kB)
[img] Text
k. daftar gambar.docx

Download (18kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (125kB)

Abstract

Sumiati, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed. dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode yang tidak bervariasi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat deskriptif. Subjek yang menjadi penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng, dengan jumlah siswa sebanyak delapan orang, yang terdiri dari enam siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya diolah dengan menggunakan persentase dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan berada pada kategori sedang. Pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa siklus I masih berada pada kategori cukup, siklus II sudah mengalami peningkatan serta berada pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:02
Last Modified: 26 Oct 2023 02:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34454

Actions (login required)

View Item View Item