S U M I A T I (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS IV SDN 127 BILA KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG.
Text
a. halaman Sampul.docx Download (36kB) |
|
Text
b. halaman judul.docx Download (37kB) |
|
Text
c. Hal. Persetujuan Pemb..docx Download (33kB) |
|
Text
d. pengesahan skripsi.docx Download (21kB) |
|
Text
f. motto.docx Download (18kB) |
|
Text
e. pernyataan keaslian skripsi.docx Download (18kB) |
|
Text
g. Abstrak.docx Download (19kB) |
|
Text
h. Prakata.docx Download (21kB) |
|
Text
i. Daftar isi.docx Download (19kB) |
|
Text
j. daftar tabel.docx Download (19kB) |
|
Text
k. daftar gambar.docx Download (18kB) |
|
Text
skripsi.docx Download (125kB) |
Abstract
Sumiati, 2012, Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Quantum Teaching pada Siswa Kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed. dan Nurhaedah, S.Pd., M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan metode yang tidak bervariasi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bersifat deskriptif. Subjek yang menjadi penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng, dengan jumlah siswa sebanyak delapan orang, yang terdiri dari enam siswa laki-laki dan dua siswa perempuan. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya diolah dengan menggunakan persentase dalam bentuk tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta hasil tes belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil tes siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan berada pada kategori sedang. Pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan berada pada kategori sangat tinggi, sedangkan hasil observasi aktivitas guru dan siswa siklus I masih berada pada kategori cukup, siklus II sudah mengalami peningkatan serta berada pada kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu penerapan pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 127 Bila Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:02 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34454 |
Actions (login required)
View Item |