MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MURID KELAS II SD INPRES LAYANG TUA II KOTA MAKASSAR

BUDIYATI (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MURID KELAS II SD INPRES LAYANG TUA II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampul Depan.docx

Download (35kB)
[img] Text
Sampul Skripsi.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB I - BAB III.docx

Download (60kB)
[img] Text
Lampiran-Lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
Observasi Murid I.docx

Download (32kB)
[img] Text
Observasi Murid II.docx

Download (34kB)

Abstract

Budiyati, 2011. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Pada Murid Kelas II SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Muh. Faisal, M.Pd. dan Dra. Hj. Syamsiah D. S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas II SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika murid SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian adalah guru dan murid kelas II SD Inpras Layang Tua II Kota Makassar yang berjumlah 20 orang murid yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi dan Dokumen sedangkan data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh setelah diterapkan tindakan yaitu, pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan murid di kelas II SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar hal ini dapat terlihat dari skor rata-rata yang diperoleh murid pada siklus I yakni berada pada kategori rendah. Oleh karena itu pembelajaran dilanjutkan pada siklus II untuk meningkatkan hasil operasi hitung bilangan kelas II SD Inpres Layang Tua II Makassar dan terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu berada pada kategori tinggi dan aktivitas mengajar guru bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran, serta perencanaan yang disusun berdasarkan langkah-langkah pembelajaran matematika realistik, selain itu aktivitas belajar murid bertujuan untuk menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan bilangan, mendeskripsikan masalah sehari-hari ke dalam penjumlahan bilangan, mengetahui cara membaca simbol dalam penjumlahan bilangan, menggunakan simbol +,-, dan = dalam penjumlahan bilangan dengan benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan-penerapan matematika realistik dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika murid kelas II SD Inpres Layang Tua II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:06
Last Modified: 20 Oct 2023 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34415

Actions (login required)

View Item View Item