PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 66 KAJANGKECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR

HERNA TAHIR (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 66 KAJANGKECAMATAN MANGARABOMBANG KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
judul.docx

Download (34kB)
[img] Text
persetujuan pembimbing.docx

Download (149kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERuntukkan2.doc

Download (23kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc

Download (49kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (31kB)
[img] Text
prakata.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (37kB)
[img] Text
proposal (bab I,2 &3.docx

Download (66kB)
[img] Text
REKAPITULASI HASIL BELAJAR SIKLUS I & 2.docx

Download (19kB)
[img] Text
16. nilai hasil belajar siklus 1.docx

Download (20kB)
[img] Text
17. nilai hasil belajar siklus 2.docx

Download (18kB)

Abstract

Herna Tahir. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa Kelas IV SDN 66 Kajang kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar. skripsi dibimbing oleh Dra.Hj.Rosdiah Salam,M.Pd dan Hikmawati Usman, S. Pd M. Pd. Program Studi Pendidukan Guru Sekolah Dasar Fakultas IlmuPendidikan Universitas Negeri Makassar. Dalam penelitian ini mengkaji tentang pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan rumusan masalah, Bagaimanakah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 66 Kajang kecamatan mangarabombang kabupaten takalar ? tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IVSDN 66 Kajang kecamatan mangarabombang kabupaten takalar. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi.adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan peningkatan hasil belajar.setting penelitian bertempat di SDN 66 Kajang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar dengan subyek penelitian yang terdiri dari 1 guru kelas IV dan siswa kelas IV sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi,sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif deskriptif.hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah( PBM) meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar .peningkatan dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa pada tiap siklus ,yaitu pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalh (PBM) secara maksimal maka berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SDN 66 kajang Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:18
Last Modified: 20 Oct 2023 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34396

Actions (login required)

View Item View Item