PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VSDI BONTOTE’NE KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA

NURLAILAH R. HUSAIN (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VSDI BONTOTE’NE KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA.

[img] Text
Sampul e-TA.docx

Download (83kB)
[img] Text
Bab 123.docx

Download (53kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
Lampiran.docx

Download (484kB)
[img] Text
Rekap Hasil Obs Guru.docx

Download (27kB)
[img] Text
Rekap Hasil Obs Siswa.docx

Download (27kB)
[img] Text
Hasil Tes Siklus 1.docx

Download (30kB)
[img] Text
Hasil Tes Siklus 2.docx

Download (30kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx

Download (36kB)

Abstract

Nurlailah R. Husain, 2014. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDI Bontote’ne Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Dra. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si dan Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDI Bontote’ne Kecamatan bajeng Barat Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA SDI Bontote’ne Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen di kelas V SDI Bontote’ne Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitattif dekskriftip. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi.Fokus penelitiannya yaitu metode eksperimen dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V, Subjek penelitian adalah guru kelas Vdan siswayang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi aktifitas mengajar guru, pada siklus I berada pada kategori tinggi dan pada siklus II berada pada kategori tinggi sekali. Berbeda dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan terjadi peningkatan pada siklus II, berada pada kategori baik sekali. Dengan ini hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDI Bontote’ne Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:42
Last Modified: 19 Oct 2023 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34381

Actions (login required)

View Item View Item