PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 43 MATTIROWALIE KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA

S U A R N I (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 43 MATTIROWALIE KECAMATAN KINDANG KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
Sampul.docx

Download (113kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
Skripsi.docx

Download (359kB)
[img] Text
1 Nilai Pra penelitian.docx

Download (27kB)
[img] Text
4 Observasi guru&siswa (Siklus 1 pert-1).docx

Download (59kB)
[img] Text
6 Daftar nilai siklus I pert-1.docx

Download (48kB)

Abstract

SUARNI, 2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 43 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Skripsi dibimbing oleh Ibu Dra.Erma Suryani Sahabuddin M.Si dan Dra. St. Nursiah. B, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan rumusan masalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif TGT dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD 43 Mattirowalie Kecamatan Kindang pada Semester genap 2013/2014, dengan jumlah siswa 33 orang, 20 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada siswa kelas V SD Negeri 43 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba melalui pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah pembelajaran TGT dan hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru kelas V sebanyak 1 orang, dan 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar di SD Negeri 43 Mattirowalie Kec. Kindang dari siklus I dengan kategori kurang dengan nilai 65,7 kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori Tinggi dengan nilai 80,53. Oleh karena itu , disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SD Negeri 43 Mattirowalie Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:41
Last Modified: 18 Oct 2023 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34344

Actions (login required)

View Item View Item