PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 285 DASSA KEC. KAJANG KAB. BULUKUMBA

SYAMSUARNI (2023) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 285 DASSA KEC. KAJANG KAB. BULUKUMBA.

[img] Text
SAMPUL JADI.docx

Download (23kB)
[img] Other
PERBAIKAN hlm DEPAN E-TA.rtf

Download (95kB)
[img] Text
PERBAIKAN UJIAN TUTUP (SKRIPSI).docx

Download (90kB)
[img] Text
PERBAIKAN LAMPIRAN SIKLUS I.rtf

Download (741kB)
[img] Text
PERBAIKAN LAMPIRAN SIKLUS I.rtf

Download (741kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx

Download (357kB)

Abstract

Syamsuarni. 2014. Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IVSD Negeri 285 Dassa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.Skripsi. dibimbing oleh Dra.Hj. Rosdiah Salam, M.Pd, Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Studi ini menelaah tentang Penerapan Metode Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 285 Dassa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan metode problem based learning pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 285 Dassa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba?, Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan penerapan metode problem based learning pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 285 Dassa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan.setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan,tahap pelaksanaan,tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode problem based learning pada mata pelajaran matematika untuk melihat aktivitas guru dan siswa, hasil belajar matematika adalah hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika melalui metode problem based learning dengan melakukan tes setiap akhir siklus. Sasaran dan sekaligus menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 285 Dassa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba sebanyak 15 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskritif untuk mengukur hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II, demikian pula aktivitas siswa pada siklus I kategori cukup menjadi kategori baik pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dari rata-rata sebesar 61 pada siklus I menjadi rata-rata 88 pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Negeri 285 Dassa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Oct 2023 01:33
Last Modified: 18 Oct 2023 01:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34343

Actions (login required)

View Item View Item