PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUPINVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN NO.3 SOMBA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE

Hasriani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUPINVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN NO.3 SOMBA KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
Sampul.docx

Download (37kB)
[img] Text
abstrak ani.docx

Download (68kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (47kB)
[img] Text
lampiran 1.docx

Download (118kB)
[img] Text
Lampiran 2.docx

Download (32kB)
[img] Text
riwayat hidup anhye.docx

Download (35kB)

Abstract

Hasriani, 2014, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di kelas V SDN No. 3 Somba Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd., M.Pd. dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd.; Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN No. 3 Somba Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN No. 3 Somba Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis peneilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe Group Investigationdan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 23 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dan 1 orang guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisi data dengan analisis data kualitatif deskriftif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V. Hasil belajar siswa pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan secara klasikal yang telah ditentukan. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dapat dilihat dari nilai rata-ratakelas yang sudah mengalami peningkatan dan sudah mencapai ketuntasan secara klasikal. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup dan menjadi kategori baik pada siklus II. Demikian pula pada aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori sangat kurang dan menjadi kategori baik pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melaluipenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigationdapat meningkatkan hasil belajar IPA dan sudah mencapai indikator keberhasilan secara klasikal pada siswa kelas V SDN No. 3 Somba Kecamatan Sendana Kabupaten Majene.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:55
Last Modified: 13 Oct 2023 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34313

Actions (login required)

View Item View Item