PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ANDI ATRI ALFINA ARHAS (2023) PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MAPPALA KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Ampul Proposal Penelitian.docx

Download (61kB)
[img] Text
awal.docx

Download (43kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (42kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (21kB)
[img] Text
lampiran.docx

Download (2MB)

Abstract

ANDI ATRI ALFINA ARHAS, 2015, Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M.Si dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pemecahan masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pemecahan masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini aalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah metode pemecahan masalah dan hasil belajar matematika. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar dengan jumlah siswa 23 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategor cukup, pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Selain itu peningkatan hasil belajar terlihat pada hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah metode pemecahan masalah dapat meningatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:26
Last Modified: 12 Oct 2023 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34300

Actions (login required)

View Item View Item