PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR

ULFA FAJRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD INPRES BTN IKIP 1 KECAMATAN RAPPOCINI KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (62kB)
[img] Text
4. Hal v-xvii.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIX.docx

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN FOTO.docx

Download (4MB)

Abstract

Ulfa Fajri, 2015, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed dan Sumarlin Mus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPA pada kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rapocini Kota Makassar dapat diselesaikan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 34 orang, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis data kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik menjadi kategori sangat baik sekali pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik menjadi kategori baik sekali pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, dimana telah mencapai kentuntasan klasikal yang telah ditentukan. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:37
Last Modified: 12 Oct 2023 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34293

Actions (login required)

View Item View Item