PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 18 KALOSI KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG

AGUSSALIM RASYID (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 18 KALOSI KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
0 SAMPUL dalam SKRIPSI blum pix.docx

Download (58kB)
[img] Text
1 BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
2 BAB II.docx

Download (41kB)
[img] Text
5 Lampiran 1.docx

Download (57kB)
[img] Text
6 Lampiran 2.docx

Download (57kB)
[img] Text
12 DATA HASIL SIKLUS II.docx

Download (19kB)
[img] Text
14 DUKUMENTASI.docx

Download (1MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP agus.docx

Download (135kB)

Abstract

Agussalim Rasyid, 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 18 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Skripsi. Dibimbing oleh Dra .Hj, Syamsiah. D, S.Pd, M.Pd. dan Andi Dewi Riang Tati, S.Pd. M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 18 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 18 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Kelas V SDN 18 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptik dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 18 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I pertemuan pertama aktivitas guru dan siswa masing – masing terkategori cukup kemudian pada pertemuan kedua siklus I aktivitas guru dan siswa telah meningkat menjadi kategori baik. Kemudian pada siklus II aktivitas guru dan siswa makin meningkat dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan kedua masuk dalam kategori baik kemudian pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari siklus I masuk kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN18 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:31
Last Modified: 12 Oct 2023 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34292

Actions (login required)

View Item View Item