PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS ANTANG II/I KECEMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

RIZKI AMALIYAH ABUBAKAR (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD INPRES PERUMNAS ANTANG II/I KECEMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
1. SAMPUL.docx

Download (62kB)
[img] Text
4. Hal v-xvii.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
DATA HASIL BELAJAR SISWA SIKLUS I dan II.docx

Download (28kB)
[img] Text
DOKUMENTASI PENELITIAN KIKI.docx

Download (3MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

RIZKI AMALIYAH ABUBAKAR, 2015, Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hail Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecematan Manggala Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed, dan Sumarlim Mus, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran yang kurang efektif dan bermakna yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecamatan Manggala Kota Makassar.Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecamatan Manggala Kota Makassar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecamatan Manggala Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran matematika realistik dan hasil belajar Matematika. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik menjadi kategori sangat baik sekali pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik menjadi kategori baik sekali pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SD Inpres Perumnas Antang II/I Kecematan Manggala Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:59
Last Modified: 12 Oct 2023 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34288

Actions (login required)

View Item View Item