NURDIANA NURDIN (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SD NEGERI TAMALANREA KOTA MAKASSAR.
Text
1. SAMPUL.docx Download (62kB) |
|
Text
4. Hal v-xvii.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (133kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (61kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
hal.4.docx Download (14kB) |
|
Text
hal.6.docx Download (15kB) |
Abstract
NURDIANA NURDIN, 2015, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Hasaruddin Hafid, M.Ed, dan Dr. Hj. Rohana, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang upaya meningkatkan proses dan hasil belajar IPA dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa Kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitian adalah model pembelajaran berbasis masalah dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi, teknik analisis data dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas V. Pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik menjadi kategori sangat baik sekali pada siklus II. Demikian pula aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori baik menjadi kategori baik sekali pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada siklus I belum berhasil mencapai kentuntasan klasikal yang ditentukan dan berada pada kategori cukup. Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Tamalanrea Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 01:37 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 01:37 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34281 |
Actions (login required)
View Item |