ASRIANI ARIPING (2023) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IVSDN 268 TANJONGE DESA MARIORIAJA KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.
Text
Sampul SKRIPSI.docx Download (24kB) |
|
Text
Halaman judul dlL.docx Download (73kB) |
|
Text
BAB I - III.docx Download (80kB) |
|
Text
Hasil observasi G.S I.I.docx Download (34kB) |
|
Text
Hasil observasi G.S I.II.docx Download (32kB) |
|
Text
Lampiran ondeng.docx Download (701kB) |
|
Text
Riwayat hidup.docx Download (44kB) |
Abstract
Asriani Ariping, 2014. Penerapan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 268 Tanjonge Desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dr.Hj.Rohana,M.Pd dan Khaerunnisah, S.Pd.I, M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV SDN 268 Tanjonge Desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 268 Tanjonge Desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode eksperimen dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 268 Tanjonge Desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 268 Tanjonge Desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dengan jumlah siswa 12 orang yang terdiri dari 4 perempuan dan 8 laki-laki dengan materi perubahan kenampakan langit. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil belajar siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus dengan hasil observasi kegiatan mengajar guru pada siklus I pertemuan pertama dikategorikan kurang dan pertemuan kedua dikategorikan cukup. Pada siklus II pertemuan pertama dan kedua dikategorikan sangat baik. Hasil observasi kegiatan belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama dikategorikan kurang dan pada pertemuan kedua dikategorikan cukup. Pada siklus II pertemuan pertama dikategorikan baik dan pertemuan kedua dikategorikan sangat baik. Dan nilai rata-rata hasil belajar IPA pada siklus I dikategorikan cukup (belum tuntas), selanjutnya pada Siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa berada pada ketegori baik (tuntas). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN 268 Tanjonge Desa Marioriaja Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 01:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 01:30 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34269 |
Actions (login required)
View Item |